Header Menu

Privasi Data: Operator Telepon Anda Tahu Lebih Dari yang Anda Pikirkan, Cara Mengambil Kembali Kendali

 

Sebagian besar pengguna ponsel di AS dilayani oleh tiga operator nirkabel besar. 

Blog Mas Desti - Pelacakan data pada tahun 2024 sepertinya tidak bisa dihindari. Baik Anda menggunakan iPhone atau ponsel Android , operator Anda kemungkinan besar mengumpulkan semua jenis data tentang bagaimana, di mana, dan kapan Anda menggunakan ponsel. 

Bulan ini T-Mobile diam-diam mulai meluncurkan metode pelacakan baru yang disebut "pembuatan profil dan keputusan otomatis". Ditemukan oleh pengguna Reddit dan The Mobile Report , opsi baru ini diaktifkan secara default. Meskipun perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka tidak menggunakan informasi yang diperoleh dari pelacakan tersebut saat ini, informasi tersebut dapat digunakan di kemudian hari untuk "keputusan di masa depan yang menghasilkan dampak hukum atau dampak signifikan serupa terhadap Anda".

Namun kelompok yang memproklamirkan diri sebagai “un-carrier” tidak sendirian. Ketiga penyedia nirkabel utama AS mengumpulkan data, inilah yang mereka kumpulkan dan bagaimana Anda dapat mematikannya. Perlu juga dicatat bahwa beberapa di antaranya harus Anda pertahankan, khususnya verifikasi identitas.

Meskipun kami berfokus pada tiga operator nirkabel utama yang menguasai sebagian besar pasar nirkabel AS, kemungkinan besar penyedia layanan nirkabel yang lebih kecil dan bahkan layanan internet rumahan juga terlibat dalam koleksi serupa. Membuka profil akun atau halaman privasi akan membantu Anda mengetahui apa yang dikumpulkan dan bagaimana Anda dapat menyesuaikannya. 

AT&T



Seperti yang kami sebutkan di atas, T-Mobile bukan satu-satunya yang mengumpulkan data tentang cara Anda menggunakan layanan mereka. Anda dapat memeriksa pengaturan privasi AT&T dengan masuk ke akun Anda dan membuka Profil diikuti oleh Pilihan Privasi .

Operator memiliki empat tombol privasi utama: 

  • Personalized Plus:  Pengaturan ini "menggunakan data seperti penjelajahan web dan lokasi yang tepat untuk penyesuaian" termasuk untuk penawaran dan iklan. Data ini mencakup lokasi akurat Anda, penjelajahan web, riwayat penayangan, aplikasi, serta data yang dikumpulkan AT&T dari pengiklan seperti informasi demografis, kode pos, dan rentang usia. Operator mengatakan data ini "tidak mengakses atau menggunakan konten teks, email, atau panggilan Anda." 
  • Dipersonalisasi:  Opsi ini "memungkinkan penggunaan data Anda untuk pengambilan keputusan otomatis" termasuk menggunakan AI untuk menghasilkan iklan yang lebih disesuaikan dan pemasaran yang disesuaikan dan "relevan dengan minat Anda". Ini aktif secara default. 
  • Verifikasi Identitas: Ini "memungkinkan kami membantu perusahaan non-AT&T melakukan verifikasi identitas dan pencegahan penipuan," seperti bank untuk "membantu melindungi akun Anda dari penipuan, memverifikasi identitas Anda, dan memastikan Anda mengotorisasi transaksi tertentu." AT&T mengatakan tidak mengizinkan perusahaan menggunakan verifikasi ini "untuk tujuan lain selain layanan tersebut". Ini aktif secara default. 
  • Membagikan atau menjual informasi pribadi saya: Ini memungkinkan AT&T "berbagi informasi terbatas untuk membuat, menayangkan, dan mengukur iklan untuk hal-hal yang mungkin Anda sukai" termasuk iklan bertarget. Ini aktif secara default. 

Dari keempatnya, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan semua pengaturan, meskipun saya sarankan tetap mengaktifkan verifikasi identitas untuk semua baris di akun Anda.

T-Mobile



Opsi privasi T-Mobile sedikit lebih bervariasi. Untuk mengakses Pusat Privasi perusahaan , masuk ke akun T-Mobile Anda lalu klik Akun saya di sudut kanan atas, diikuti oleh Profil . Dari sana gulir ke bawah dan pilih privasi dan notifikasi serta dasbor privasi . 

Dari sana Anda akan melihat yang berikut: 

  • Berbagi data untuk penelitian publik dan ilmiah:  T-Mobile mengatakan bahwa opsi ini memungkinkannya untuk "membantu mendukung inisiatif penelitian untuk kepentingan publik, seperti respons pandemi dan pengembangan teknologi baru." Dibuat tahun lalu, maskapai penerbangan tersebut mengatakan program ini merupakan tanggapan atas permintaan dari “peneliti luar atau lembaga penelitian.” T-Mobile mengatakan data ini akan "dihilangkan identitasnya sebanyak mungkin sebelum dibagikan" dan tidak akan menyertakan informasi pribadi seperti nama Anda, meskipun data tersebut dapat membagikan data lokasi, demografi, dan penggunaan. Ia juga mengatakan bahwa data yang dibagikan di sini tidak akan diberikan kepada penegak hukum.    
  • Analisis dan pelaporan: Ini mengambil data dari perangkat Anda, termasuk informasi penggunaan aplikasi seperti seberapa sering aplikasi dibuka dan kode pos dan menggabungkannya dengan "data yang dinyatakan sendiri seperti rentang usia (misalnya, 25 hingga 34) dan jenis kelamin, untuk mempersiapkan agregat laporan bisnis dan pemasaran," yang kemudian dapat digunakan dan dibagikan oleh T-Mobile dengan perusahaan lain. Pengangkut mengatakan bahwa laporan ini tidak mengidentifikasi individu. Ini aktif secara default. 
  • Opsi periklanan: Ini untuk iklan yang dipersonalisasi , dengan operator mengumpulkan detail tentang aplikasi yang Anda unduh dan berapa lama Anda menggunakannya, menggabungkannya dengan data lain yang dikumpulkannya seperti lokasi dan demografi Anda. Seperti opsi serupa dari penyedia dan situs lain, menonaktifkan ini tidak menghentikan Anda melihat iklan, namun operator mengatakan bahwa Anda "lebih mungkin melihat iklan tentang hal-hal yang Anda sukai" jika Anda tetap mengaktifkan opsi ini. Ini aktif secara default. 
  • Pengembangan produk: Hal ini memungkinkan T-Mobile menggunakan data pribadi Anda, termasuk lokasi tepatnya, nomor telepon yang Anda hubungi, aplikasi dan situs web yang Anda gunakan, serta membantu pengiklan "membuat iklan yang mereka tampilkan menjadi lebih baik".
  • Pembuatan profil dan keputusan otomatis: Tampaknya ini adalah opsi privasi terbaru T-Mobile yang kami sebutkan di atas, dan meskipun operator mengatakan tidak melakukan apa pun hari ini, tampaknya mereka memberikan opsi untuk melakukannya di masa mendatang. Di situsnya, mereka menggambarkan hal ini sebagai pengambilan data pribadi yang dikumpulkan tentang Anda "untuk mengevaluasi, menganalisis, atau memprediksi aspek pribadi tertentu tentang kinerja Anda di tempat kerja, situasi ekonomi, kesehatan, preferensi pribadi, minat, keandalan, perilaku, lokasi, atau pergerakan. " Ini aktif secara default. 
  • Jangan menjual atau membagikan informasi pribadi saya:  Ini memungkinkan Anda memberi tahu T-Mobile untuk tidak menjual atau membagikan data yang dimilikinya tentang Anda dengan perusahaan lain. Perusahaan mencatat di situsnya bahwa mereka masih dapat membagikan "beberapa informasi pribadi dengan penyedia layanan kami sehingga Anda dapat, misalnya, menerima produk dan layanan dari kami." Dalam langkah ekstra yang menjengkelkan, operator mencatat di situs webnya bahwa Anda dapat membatasi data apa yang dibagikan pengiklan pihak ketiga dengan T-Mobile melalui Platform Periklanan Magenta, tetapi untuk memilih tidak ikut serta, Anda perlu mengunduh aplikasi terpisah .

Dari opsi ini, saya sarankan untuk mematikan semuanya. 

Selain dasbor, situs web Pusat Privasi T-Mobile  merinci sesuatu yang disebut “privasi telepon”. T-Mobile mengatakan bahwa mereka menggunakan informasi yang dikumpulkan dari sini untuk "mengidentifikasi penawaran paket panggilan T-Mobile, melindungi dari penipuan, dan merespons keadaan darurat" tetapi berdasarkan kebijakan ini mereka tidak mengumpulkan "nama, alamat, nomor telepon atau isi panggilan teleponmu." Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka tidak membagikan data ini dengan perusahaan lain sehingga dapat “membantu mereka memasarkan barang-barang mereka.” 

Verizon 



Seperti T-Mobile, Verizon memiliki sejumlah opsi berbeda dalam hal privasi. Ini dapat ditemukan dengan masuk, mengklik akun , lalu ikhtisar akun . Dari sana, pilih edit profil dan pengaturan dan pilih kelola pengaturan privasi . 

Dari sana Anda akan melihat yang berikut: 

  • Info Jaringan Kepemilikan Pelanggan:  Ini memungkinkan Verizon menggunakan informasi yang dimilikinya tentang Anda untuk menjual layanan lain kepada Anda di luar apa pun yang sudah Anda bayar. Ini aktif secara default. 
  • Wawasan Bisnis dan Pemasaran:  Ini mengambil informasi tentang lokasi, penjelajahan web, "penggunaan aplikasi/fitur" serta demografi Anda dan kemudian menggabungkannya dengan informasi yang diperoleh Verizon dari perusahaan lain untuk membantu Verizon menciptakan "wawasan" seperti jika banyak orang sering bepergian ke tempat tertentu pada waktu tertentu. Operator mengatakan informasi ini dikumpulkan "secara agregat" sehingga dapat membantu mereka dan "orang lain untuk lebih memahami tindakan konsumen." Ini aktif secara default. 
  • Pengalaman Khusus: Ini memerlukan informasi tentang "situs web yang Anda kunjungi dan aplikasi yang Anda gunakan" untuk "membantu kami lebih memahami minat Anda" seperti apakah Anda menyukai olahraga atau permainan. Verizon mengatakan tidak membagikan atau menjual informasi ini kepada orang lain. Ini aktif secara default. 
  • Pengalaman Kustom Plus: Ini menggabungkan informasi yang dikumpulkan dari bagian CPNI dan Pengalaman Kustom sehingga Verizon dapat "mempersonalisasi" pemasaran dan rekomendasinya untuk Anda serta "mengembangkan rencana, layanan, dan penawaran" yang akan "lebih menarik bagi Anda". Ini adalah keikutsertaan dan operator mengatakan bahwa mereka tidak menjual data ini ke perusahaan lain untuk iklan mereka masing-masing, meskipun keikutsertaan di sini akan secara otomatis mengaktifkan Wawasan Bisnis dan Pemasaran . 
  • Verifikasi Identitas:  Ini membagikan "data akun, perangkat, dan profil tertentu" dengan pihak ketiga untuk membantu "memverifikasi identitas Anda dan membantu melindungi Anda dari pencurian identitas dan pengambilalihan akun." Ini aktif secara default. 

Ada juga tab Pengalaman Kustom yang memungkinkan Anda mengatur ulang opsi Pengalaman Kustom dan Pengalaman Kustom Plus , dan hal ini akan membuat Verizon "berhenti menggunakan penelusuran web dan data lokasi" yang sebelumnya dikumpulkan sebagai bagian dari program. 

Dari semua opsi Verizon, saya sarankan mematikan semua kecuali Verifikasi Identitas. Itu harus tetap berlaku. 

Posting Komentar

Featured

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

Blog Mas Desti